Mengapa Kerangka Atap Baja Ringan Mulai Banyak Digunakan?

rangka atap baja ringan dan kayuSaat ini, keberadaan rangka atap baja ringan sudah sangat dibutuhkan oleh kebanyakan kontraktor dalam membangun bangunan, seperti tempat tinggal, sekolah, gedung bertingkat, dan bangunan lainnya. Hal ini jelas berbeda dengan apa yang terjadi pada zaman dahulu di mana kebanyakan bangunan masih menggunakan kerangka atap yang terbuat dari kayu. Kayu yang biasanya digunakan adalah kayu jati, mahoni, dan lain sebagainya. Sayangnya, rangka atap ini butuh perawatan ekstra karena bisa lapuk dan dimakan rayap atau jamuran. Hal ini membuat pemilik bangunan harus merenovasi rangka atap bangunan mereka.

Di sisi lain, rangka atap baja ringan mulai mencuri perhatian dan menjadi alternatif untuk menggantikan rangka atap kayu. Harga baja ringan sendiri tergolong cukup ekonomis dan berbanding lurus dengan kualitas dan daya tahan yang didapat. Jika ingin tahu lebih detail tentang harga rangka atap baja ringan, silahkan cek di akun FB toko besi ini yang juga menyediakan informasi kawat bronjong. Selain harganya yang cukup bersabahat, alasan lain mengapa produk ini mulai banyak digunakan adalah karena:

Instalasinya tidak begitu sulit

Mengapa demikian? Sebelum produk ini dikirim ke konsumen, produsen sudah mendesain produk ini sedemikian rupa sesuai permintaan konsumen sehingga pemasangannya tidak akan begitu sulit. Adapun bentuk baja ringan yang biasanya banyak dipesan oleh konsumen adalah Batten A 54 Hi-Tensile G-550 AZ 100, C 75 x 35 x 33 Hi-Tensile G-550 AZ 100, C 60x 35 x 30 Hi-Tensile G-550 AZ 100, dan C 50 x 35 x 33 Hi-Tensile G-550 AZ 100. Meskipun begitu, perlu kehati-hatian ekstra ketika melakukan instalasi karena apabila dilakukan sembarang, rangka baja ini bisa saja lepas dan menimpa para pekerja. Untuk itu, dibutuhkan tukang yang berpengalaman dalam instalasi atap baja ringan ini.

Ketersediannya di pasaran cukup banyak

Jika Anda berkunjung ke kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Jogjakarta, dan lain sebagainya, ketersediaan rangka atap baja ringan ini terbilang cukup banyak. Hampir di setiap toko bangunan atau toko besi menyediakan produk yang satu ini. Bagaimana dengan di kota-kota kecil? Untuk hal ini, masih diperlukan distribusi yang mencukupi karena produk ini hanya bisa dijual di beberapa kota kecil saja. Hal ini disebabkan karena permintaan konsumen yang masih rendah di kota-kota kecil dan pengetahuan tentang manfaat menggunakan rangka atap baja ringan masih cukup minim.

Bebas hama dan jamur

Ketika pemilik bangunan khawatir dengan hama dan jamur yang dapat merusak rangka atap mereka, rangka atap baja ringan datang sebagai solusi yang tepat. Seperti disebutkan di atas, rangka atap kayu cukup rentan dengan hama dan jamur sehingga tak menutup kemungkinan rangka tersebut akan lapuk dan keropos setelah beberapa tahun pemakaian. Berbeda halnya dengan rangka atap baja ringan yang bebas hama dan jamur. Produk ini sudah teruji dan sudah ada banyak pemilik bangunan yang merasa puas dan lega atas daya tahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *